Kamu tipe bos mana? 

Masih dalam rangka membiasakan untuk menulis di blog. Kali ini mau sharing tentang salah satu peran pemimpin/pimpinan/boss di dalam sebuah perusahaan. 

Inspirasi tulisan ini saya rekam dari sejak mengikuti organisasi di sekolah hingga sekarang di perusahaan. 

Dari sekian banyak karakter bos yang saya temui, ada dua yang ingin saya bagi yaitu dari dua sisi yang paling ekstrem. Boss tipe pertama adalah Boss yang seperti konduktor musik. Yang kedua adalah tipe penghisap. 

Buat yang ketemu bos tipe penghisap, maka saran saya adalah segera cari bos lain. Bos tipe ini hanya akan menghisap apa yang kamu punya, tenaga waktu dan pikiran. Dan jangan harap kamu bisa berkembang. Di mata dia kamu hanya instrumen kerja seperti mesin yang akan terus dituntut produksi dan efisien. 

Nah sisi ekstrem berikutnya adalah bos yang seperti konduktor musik. Bos tipe ini akan menempatkan orang sesuai dengan kemampuan dan passionnya. Orang yang jago piano ya disuruh main piano bukan malah disuruh main gitar, misalnya. Jadi kamu bakal merasa bekerja sesuai bidang kamu. 

Saya pernah punya bos yang selalu bilang, pencapaian terbesar organisasi kita bukan pada suksesnya acara atau kegiatan tapi ketika orang orang yang terlibat di dalamnya bisa berkembang. Bos saya yang satu ini punya rutinitas untuk mencari tau potensi potensi yang dimiliki anak buahnya. Bahkan dia sampe punya rincian kebiasaan anak buahnya. 

Nah, buat kamu yang mau jadi bos jadilah bos yang memberdayakan bukan yang memperdaya. Hajaaaarrrrr

Leave a Reply

