Respon kita, itu yang Allah nilai

Respon kita, itu yang Allah nilai

Selepas sholat maghrib, saya mengajak istri untuk berbagi seputar hidup dan kehidupan. Saya memberikan contoh kasus tentang orang yang sedang ditimba musibah dan orang yang sedang diberi nikmat bahagia.

“Sayang”, saya mencoba mulai menjelaskan. Kedua kasus yang Aa (panggilan istri kepada saya) sebut tadi tidak hendak menjelaskan kasus mana yang lebih Allah sukai. Orang yang diberi nikmat bahagia belum tentu orang yang lebih Allah sukai. Pun, dengan kasus orang yang sedang ditimpa musibah belum tentu Allah tak suka dengannya.

Bisa jadi Allah lebih menyukai orang yang sedang ditimpa musibah dibandingkan dengan orang yang sedang diiberi nikmat bahagia. Persoalannya bukan pada apa yang menimpa mereka, tapi bagaimana respon mereka itu yang penting.

Misal, orang yang ditimpa musibah menjadikan dirinya lebih dekat dengan Allah. Ia introspeksi diri, bermuhasabah bahwa selama hidupnya ia banyak lalai dan meninggalkan kewajiban. Ia merespon musibah yang ditimpanya dengan menjadi pribadi yang lebih takwa.

Sebaliknya, orang yang sedang diberi nikmat bahagia malah menjadikannya kufur nikmat. Tidak mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan. Ia berfoya foya dalam hidup, meninggalkan kewajiban dll. Ia merespon nikmat bahagia dengan menjadi kufur nikmat.

Dalam hidup ini kita pasti akan mengalami musibah dan nikmat. Keduanya akan silih berganti menghampiri kehidupan kita. Tak perlu cemas, karena itu sesuatu yang alami. Itu hanya sebentuk ujian yang berikan terhadap kita hambaNya. Yang paling penting adalah bagaimana cara kita meresponnya.

Jadi, jangan cemas terhadap musibah yang menimpa kita ataupun jangan lalai dengan nikmat yang kita dapatkan, cemaslah ketika respon yang kita  berikan malah semakin menjauhkan kita dari ridhoNya.

Arjawinangun, 7 Agustus 2016

Halaqoh dengan istri tercinta, Dhea Dezhita.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s