Konsep Entropi dan Hukum Termodinamika II ada dalam Al-Quran??

Konsep Entropi dan Hukum Termodinamika II ada dalam Al-Quran??

          Malam ini sebernernya saya harus belajar buat UAS. besok ada dua uas dan dua tugas yang mesti dikumpulin. Tapi otak udah stress duluan. Jadi iseng2 bikin nih note..*kayaknya saya mesti belajar lebih banyak tentang manajemen prioritas hehe..Oke, silakan dibaca pren 🙂

          Pernah denger istilah entropi kan? Entropi berasal dari bahasa Yunani, entrope yang berarti berubah. Dari definisi yang saya peroleh dari wikipedia, entropi berarti derajat ketidakteraturan dari sebuah sistem. Artinya, dalam sebuah sistem tertutup, sistem akan mengarah pada ketidakteraturaan, seiring dengan meningkatnya entropi. Intinya mah sebuah sistem tanpa ada intervensi dari luar cenderung menuju ketidateraturan.

            Terus apa hubungannya dengan Al-Quran? Jadi begini pren, coba kita buka Al-Quran Surat Al-Ashr ayat 1-3. Surat ini pasti udah hapal banget lah hehe..mungkin termasuk surat idola buat bacaan sholat. iya kan? hehe..Nah, dalam surat itu saya menemukan sebuah korelasi dengan bacaan buku termo dulu (*moran saphiro itu loh).

           Emang apaan korelasinya??Dalam surat itu disebutkan bahwa,1. Demi Massa 2.Sesungguhnya manusia dalam kerugian 3. Kecuali orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan, dan saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.

 Ini bukan tafsir loh ya cuma argumentasi bebas buat sharing aja. Jadi jangan dijadikan referesi hehe..Dalam ayat pertama di atas Allah bersumpah dengan nama waktu. Katanya kalo Allah SWT sudah bersumpah dengan nama sesuatu berarti sesuatu itu sangat penting (yang ini kata ustadz loh :D). lanjut ya..waktu emang variabel yang sangat penting dalam konsep entropi. Entropi itu kan didefinisikan karena emang ada sesuatu yang berubah. Dan berubahnya itu terhadap waktu. kira2 gitu deh hehe…

            Nah, konsep utama entropi dan hukum termo 2 ada di ayat selanjutnya. Dalam ayat tersebut dikatakan bahwa manusia berada dalam kerugian. Sekarang mari kita definisikan. Manusia kita definisikan sebagai sistem tertutup (masih inget konsep boundary layer kan? hehe). Di ayat tersebut manusia (sistem tertutup) disebutkan terhadap waktu selalu dalam kerugian. emang apa artinya :o??

             Dalam konsep entropi, sebuah sistem tertutup akan mengalami entropi yang meningkat. Sederhananya energi sistem tersebut selalu berkurang terhadap waktu. Mulai ada sedikit pencerahan nih hehe…Nah, terus hubungannya dengan ayat tersebut apa?Tadi, kita udah mendefiniskan manusia sebagai sistem tertutup kan? Dan sistem tertutup tersebut memilki entropi yang meningkat seiring berjalannya waktu. Hal, ini sejalan dengan apa yang di Firmankan Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW bahwa sesungguhnya manusia (sistem tertutup) berada dalam kerugian (entropi meningkat). Kerugian=entropi meningkat.

            Ayat ketiga ini kemudian yang menjelaskan tentang konsep hukum termo II secara utuh. Gak percaya?? :DOm Rudolf Classius pernah bilang gini,”No process is possible whose sole result is the transfer of heat from a body of lower temperature to a body of higher temperature“. Kira2 artinya gak mungkin deh tanpa kerja dari luar kita dapet mindahin panas dari temperatur yang lebih rendah ke temperatur yang lebih tinggi (haha keliatan ngarangnya ya? tapi kira2 gitu dah hehe). Terus coba kita bandingin sama ayat terakhir di atas. mudeng?? 😀

            Intinya mah lo pasti bakalan rugi (entropi meningkat) kalo gak ada kerja luar yang meng-endorse lu supaya entropi menurun yang artinya lu untung (sistem tersebut energinya meningkat). Kerja luar?? Ya, mungkin kerja luar ini maksudnya adalah ayat ketiga di atas yaitu orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan, dan saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.

Setelah paham konsep ini saya jadi lebih mengerti kenapa mesti ada Rasul yang menyampaikan risalah kebaikan dan kenapa juga sebagai manusia kita diwajibkan untuk berdakwah. Jadi gak ada alasan lagi buat muslim yang ogah-ogahan buat berdakwah hehe 😀

 *maaf kalo ada yang salah hehe (sekali lagi ini cuma iseng2 :D)

Wallahu’alam bishowab

Advertisements

8 thoughts on “Konsep Entropi dan Hukum Termodinamika II ada dalam Al-Quran??

  1. mohon maaf gan sebelum dishare … mending agan nanya dulu keahlinya dech … karena aagan dah bikin korelasi dan juga tafsir … boleh ajah sih… kalo ragu jangan dech … masak ilmuwan belum mengkaji .. dah bikin korelasi .. bebas boleh … tapi harus bertanggung jawab … referensi banyak kok… misal tulisannya harun al rasyid .. ato yang lainnya da kok … hati 2 yah

  2. ngawurisme ya mas?
    apakah semua yang berubah menuju ketidakteraturan itu identik dengan kerugian?
    jangan sembarangan mencatut ayat2 alquran hanya karena anda ingin terlihat pintar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s