Menggagas Human Development Program Di Indramayu (Part 1)

Menggagas Human Development Program Di Indramayu (Part 1)

Sebuah entitas sangat bergantung pada bagaimana orang-orang di dalamnya. Jika orang-orang didalamnya baik maka entitas tersebut bisa terus maju dan berkembang. Namun, jika sebaliknya maka entitas tersebut akan mengalami stagnasi, kemunduran, bahkan hilang eksistensinya. Karena sesungguhnya unsur inti kehidupan adalah manusianya.

Dewasa ini kita sering dihadapkan dengan isu perubahan. Mulai dari perubahan kepeminpinan hingga perubahan sistem. Isu reformasi birokrasi-lah, pemberantasan korupsi-lah, supremasi penegakan hukum-lah, dll. Lantas apa inti dari semua masalah tersebut? Sistem-kah? Atau memang manusianya?

Jika kita berbicara tentang sistem tidak pernah ada habisnya. Lalu apakah kita menyerah? Tentu tidak. Tapi yang paling penting sekarang adalah memperbaiki kualitas individu-individu manusia Indonesia. Karena dari sanalah akar permasalahan tersebut.

Pemerintah menerapkan parameter pembangunan berdasarkan pembangunan manusia. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang meliputi pendidikan,kesehatan, dan ekonomi menjadi tolok ukur dan gambaran bagaimana pembangunan di daerah tersebut.

Indramayu, sebuah kabupaten di utara Jawa tergolong ke dalam daerah yang memiliki IPM rendah di Jawa Barat. Data Badan Pusat Statitik menyebutkan bahwa IPM Kabupaten Indramayu menempati posisi 24 dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat atau terendah ketiga dari bawah.

Meskipun IPM kabupaten Indramayu masih sangat rendah tapi kita harus optimis dengan pencapaian- pencapaian ke depan. Indramayu adalah kabupaten dengan angka peningkatan IPM tertinggi di Jawa Barat, 1.43 point.

Dengan kedua data tersebut diharapkan kita dapat memahami akar permasalahan di kabupaten tercinta secara objektif. Ini penting agar perencanaan strategis jangka pendek dan jangka panjang bisa efektif.

Petanyaan selanjutnya adalah bagiamana membangun manusia indramayu yang ideal. Dan paling penting seperti apakah manusia indramayu yang ideal itu?

Advertisements

One thought on “Menggagas Human Development Program Di Indramayu (Part 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s