Menakar ‘Manusia Itebe’ (Part 1)

Omong besar. Sombong. Gak bisa diajak kerja sama. Selalu ingin mendominasi. Itulah beberapa kalimat yang menjadi citra mahasiswa itebe dan alumninya di luar sana. Apakah semua mahasiwa itebe dan alumniya memang seperti itu? Tentu sebagai kaum terdidik kita tidak bisa langsung menjudge seperti itu. Sejauh yang saya tau belum ada kajian ilmiah (penelitian misalnya) yang menunjukkan data tersebut valid. Bukan tidak mungkin pencitraan tersebut hanya dsebabkan segelintir orang saja.

Okelah, terlepas dari perdebatan benar atau tidak mari kita mengevaluasi (menakar) manusia itebe hingga tuntas.

Mari kita berandai-andai. Seandainya data tersebut memang valid berarti ada sebuah sistem yang perlu diperbaiki di perguruan tinggi tertua ini. Apakah sistem pendidikan di itebe yang membentuk para mahasiswa dan alumninya seperti itu? Omong besar,gak bisa diajak kerja sama dll. Atau sistem kemahasiswaan di itebe (dalam hal ini kaderisasi) yang keliru? Atau juga malah input mahasiswanya yang sudah membentuk sistemnya sendiri?

Bagi kebanyakan orang (termasuk penulis) bisa menjadi mahasiswa itebe adalah sebuah kebanggaan, sebuah prestise. Input mahasiswa inilah yang bisa jadi memiliki andil besar dalam membentuk karakter manusia itebe.

Mari kita berandai-andai lagi. Andai semua itu adalah fakta maka tidak ada cara lain selain diskusi dan duduk bersama para “director” dari rektorat dan para “director” dari organisasi kemahaiswaan kampus. Pembagian fungsi dan peran dalam upaya mengembakan manusia itebe mutlak dilakukan jika memang itebe ingin membawa perubahan bangsa ke arah yang lebih baik.

Pertanyaan yang segera muncul kemudian adalah apakah itu masih mungkin? Saya jawab harus. Karena membangun manusia itebe berarti membangun Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s