Sejahtera Dengan Teknologi

Indonesia, dengan segala kekayaan yang dimilikinya. Entah kenapa negeri ini selalu didera bermacam-macam masalah. Media massa begitu semangatnya memberitakan kasus mafia pajak Gayus Tambunan, skandal Century yang yang sempat mengguncang Negara, hingga kini isu SARA yang kian merebak dengan tewasnya empat orang Ahmadiyah. Segudang masalah bangsa itu total menutupi prestasi anak bangsa. Kita jarang mendengar ilmuwan Indonesia menciptakan banyak paten di berbagai teknologi atau bangsa yang memenangi lomba tingkat internasional menjadi headline berita.

Begitu banyak pendapat bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya. Minyak bumi, gas alam, batu bara, panas bumi tersimpan dalam perut bumi Indonesia. Emas, Tembaga, besi menambah daftar kekayaan di perut bumi. Laut kita seperti tidak pernah kehabisan ikan, kerang mutiara, rumput laut. Di atas tanah, seperti dalam lirik lagu Bimbo “tongkat kayu dan batu jadi tanaman” menggambarkan betapa suburnya negeri ini.

Hanya ada satu kata untuk mengubah kondisi yang terjadi sekarang yaitu kearifan teknologi. Yang dengan kearifan teknologi seorang nelayan bisa menambah ikan yang lebih banya dan cepat. Yang dengan teknologi seorang petani bisa memaksimalkan hasil panennya. Yang dengan teknologi seorang pedagang di pasar tidak akan pernah sepi pengunjung. Yang dengan teknologi kita bisa mandiri energi, mandiri pangan, dan rakyat sejahtera. Yang dengan kearifan teknologi kita tidak lagi menjadi budak bangsa lain!

Teknologi yang tepat dengan dipadukan kearifan lokal akan memnjadikan negeri ini sejajar dengan bangsa-bangsa maju di dunia. Dengan kombinasi sumber daya alam, sumber daya manusia dan teknologi negeri ini akan dapat mengakselarasi pembanguna bangsa menuju Indonesia Sejahtera.

Semua itu mungkin terwujud jika ada komitmen dari semua elemen. Kunci pertama yang harus dibuka adalah dengan pendidikan yang murah dan seluas-luasnya. Pendidikan yang bermartabat. Bukan pendidikan pedagogi ala kompeni Belanda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s