Resume Buku : You Can Win

Judul Buku : You Can Win
Pengarang : Shiv Khera
Tahun Terbit : 2004

“Winners Don’t Do Different Things. They Do Thing Differently.” Begitulah tagline dari buku ini. Buku ini menjelaskan kepada kita ‘mengapa’ kita harus menjadi pemenang dan ‘bagaimana’ kita bisa menjadi pemenang. Why dan How ini yang menjadi kunci penting dalam menggambarkan buku ini secara utuh. Dalam setiap babnya kita akan menemukan kisah-kisah inspiratif yang membuat kita semakin paham akan setiap ide yang disampaikan penulis. Dan di setiap akhir bab kita akan menemukan action plan yang berfungsi sebagai sarana latihan untuk meningkatkan kapasistas dan kompetensi kita.

Berikut ringkasan isi buku “You Can Win”

Attitude atau sikap menjadi kunci penting dalam mencapai kesuksesan. Bahkan landasan dari setiap kesukesan adalah attitude. Mengapa attitude begitu penting? Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Harvard, Amerika Serikat disebutkan bahwa 85% kesukesan berasal dari attitude dan hanya 15% kontribusi dari intelektual kita. Ada tiga faktor utama yang mempengaruhi attitude kita yaitu lingkungan, pengalaman,dan pendidikan. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap attitude seseorang. Jika lingkungan baik maka kecenderngan attitude kita juga begitu pun sebaliknya. Pengalaman akan membuat seseorang semakin menguatkan jati dirinya. Pengalaman ini berasal dari interaksi kita terhadap bermacam-macam orang. Selanjutnya pendidikan. Pendidikan akan membuat kita cerdas dan bijak dalam mengambil sikap.
Attitude bukan berasal dari faktor gen sehingga kita bisa mengubah attitude kita.

Berikut ini delapan cara mengubah attitude kita:
1. Change Focus, Look for the Positive
Bayangkan kita seperti sedang menggali emas. Dalam menggali emas kita akan menemukan banyak sekali kerikil dan tanah. Namun, sebagai penggali emas kita tidak pernah fokus ke kerikil dan tanah tersebut. Fokus kita tentu terhadap emas yang kita cari. Begitu juga dengan kehidupan ini. Jangan fokuskan pada hal-hal yang kurang penting. Fokuslah pada hal-hal yang baik dan penting.

2. Make A habit of Doing Now
Banyak orang gagal karena sering menunda pekerjaan. Mulai sekarang buatlah kebiasan untuk mengerjakan sesuatu sekarang juga tanpa harus menunda-nunda.

3. Develop an Attitude of Grattitude
Mulai sekarang berhentilah mengeluh. Katakanlah sesuatu yang berupa pujian dan memberikan apresiasi.

4. Get into a Continuous Education Program
Pendidikan membangun dasar dari karakter sesorang. Carilah ilmu secara berkelanjutan agar kita mendapatkan pentingnya nilai-nilai kehidupan.

5. Build a Positve Self-Esteem
Self-esteem adalah cara kita merasakan tentang diri kita sendiri. Jika kita merasa baik maka hal ini kan berakibat positif bagi kehidupan kita.

6. Stay Away From Negative Influence
Hal-hal negatif seperti rokok, narkoba, alcohol dll akan membuat kita semakin terpuruk. Jauhilah hal-hal negatif tersebut.

7. Learn to like thing that to be Done
Mulailah untuk menyukai pekerjaan yang akan kita lakukan. Belajar mulai dari sekarang karena mengerjakan sesuatu yang kita sukai hasilnya akan lebih baik.

8. Start You Day With Something Positive
Mulailah hari-hari kita dengan sesuatu yang positif.

Lalu apa sebenarnya sukses itu? Earl Nightingale menjelaskan bahwa sukses adalah sebuah perjalanan bukan tujuan akhir. Intinya sukses adalah sebuah proses bagi kita untuk mencapai tujuan-tujuan kita. Seseorang yang sukses memiliki kualitas-kualitas berikut ini.
– Desire atau hasrat – Yakin pada hal-hal positif
– Komitmen – Suka Memberi
– Bertanggung jawab – Power of pesistance
– Kerja keras – Mengahargai diri
– Berkarakter – Mau menjadi murid

Sedangkan ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan seseorang. Diantaranya adalah tidak berani mengambil risiko. Dalam setiap solusi yang kita akan menemukan berbagai tantangan dan risiko yang harus kita ambil. Ketidakberanian mengambil risiko akan membuat solusi yang ditawarkan menjadi sia-sia. Selanjutnya adalah ketidakmampuan dalam merencanakan dan memepersiapkan. Perencanaan dan persiapan yang baik akan membuat kita lebih percaya diri dalam mengahadapi setiap masalah jika tidak terjadi sebalinknya. Beberapa faktor lainnya adalah keserakahan, salah prioritas, tidak mampu belajar dari pengalaman dsb.

Untuk menjadi seorang pemenang kita diharuskan memiliki motivasi yang kuat. Motivasi ini dapat dari dalam diri sendiri (motivasi internal) maupun dari lingkungan kita (motivasi eksternal). Motivasi internal berasal dari dalam diri kita sendiri,seperti kebanggan,tanggung jawab,semangat menggapai cita-cita dan juga keyakinan. Motivasi eksternal terdiri dari dua macam yaitu ketakutan dan dorongan. Atau bisa kita sederhanakan dengan motivasi reward dan punishment.
Selanjutnya, agar kita bisa benar-benar menjadi seorang pemenang kita harus bisa membangun kepribadian yang menghargai diri sendiri atau membangun positive self-esteem. Mengahargai diri sendiri bukan berarti kita sombong. Namun,menghargai diri sendiri akan membuat kita lebih bertanggung jawab dengan apa yang kita kerjakan. Mulailah berlatih displin. Banyak bergaul dengan orang yang memiliki karakter moral yang terpuji. Dan berlatihlah menetapkan tujuan-tujaun kita.

Selain harus bisa membangun kepribadian,kita juga harus menjaga hubungan baik dengan orang lain atau lingkungan sekitar kita. Dalam membangun hubungan dengan orang lain ada landasan yang sangat penting yaitu TRUST. Semua hubungan memerlukan trust. Mulai dari urusan bisnis sampai urusan persahabatan.
Setelah kita membangun self-esteem dan membangun relasi dengan orang lain maka kita akan ada pada satu tujuan untuk membangun kepribadian yang baik secara utuh. Baik dari dalam menyikapi diri sendiri maupun dalam menjaga relasi dengan orang lain.

Berikut ini 25 tahap membangun kepribadian yang baik atau membangun positive self-esteem.
1. Menerima tanggung jawab
2. Mengemukakan pendapat
3. Berpikir Win-Win
4. Hati-hati memilih kata-kata ketika berbicara
5. Jangan banyak complain dan memberikan kritikan
6. Ramah dan Murah Senyum
7. Berprasangka baik (huznudzon)
8. Jadilah pendengar yang baik
9. Antusias
10. Berikan pujian yang jujur
11. Ketika melakukan kesalahan,terimalah lalu terus maju
12. Berdiskusi tapi jangan berdebat
13. Jangan bergosip
14. Penuhi janji
15. Ucapkan terima kasih tapi jangan meminta terima kasih
16. Berlatih untuk loyal
17. Hindari dendam
18. Berlatih untuk jujur,integritas,dan ikhlas
19. Berlatih rendah hati
20. Memahami dan peduli dengan keadaan sekitar
21. Berlatih untuk menghargai
22. Bangun sense of humor
23. Jangan kasar dan menganggap rendah orang lain
24. Untuk punya teman,jadilah teman
25. Tunjukkan rasa empati
Ke 25 tahapan ini harus dipahami bagi setiap orang yang ingin menjadi pemenang. Dan yang lebih penting mulai berlatih dari sekarang untuk memperbaiki kepribadian kita. Ketika kita sudah mulai berlatih untuk menjalankan hal-hal diatas maka itu akan menjadi sebuag kebiasaan baik. Dari kebiasaan itulah karakter kita terbentuk.

Setelah kita membangun dan meningkatkan personality kita selanjutnya kita mulai untuk menetapkan goal-goal kita. Goal yang akan kita tetapkan harus SMART. Apa itu smart? Smart adalah singkatan dari :
S-Specific. Contoh, Saya akan menurunkan berat badan sebesar 5 kilogram dalam waktu 90 hari.
M-must be measurable. Jika kita tidak dapat mengukur goal kita bagaimana kita akan tahu progres dari goal kita.
A-achievable. Maksudnya goal kita bukan hanya harus menantang namun harus dalam batas jangkauan yang masih bisa kita capai.
R-realistic. Jika goal kita menurunkan berat badan sebesar 25 kilogram dalam 30 hari itu tidak realistis.
T-time bound. Kita harus menetapkan kapan kita mulai dan kapan harus selesai.
Goal atau tujuan itu yang akan kita tetapkan bisa jangka pendek yaitu hingga satu tahun, jangka menengah yaitu hingga tiga tahun, dan jangka panjang yaitu hingga lima tahun.

Setelah menetapkan goal selanjutnya yang kita lakukan adalah berkomitmen terhadap apa yang kita tetapkan. Komitmen yang paling tinggi adalah komitmen pada nilai-nilai kehidupan. Bukan semata-mata komitmen pada hasil. Pertahankan nilai-nilai yang baik dan ubahlah nilai-nilai yang buruk. Semoga kita bisa benar-benar menjadi seorang pemenang sejati. Dan ingatlah selalu, “Winners Don’t Do Different Things. They Do Thing Differently.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s